Selamat datang di blog kepenulisan. Silakan menimba ilmu di sini dan jangan copy-paste.

"Keep writing and play your imagination" Yudha Pasca

Join Us On : LightNovel.ID


Minggu, 27 November 2016

Cara Mudah Meminimalisir Pertikel '-ku'









Hi, guys! Duh, lama nih saya nggak buka kelas, hehee :''D

Kamu lebih senang menulis/membaca cerpen/novel dengan sudut pandang orang ke berapa?
Nah, kalau kamu lebih senang memakai/membaca sudut pandang orang pertama, kamu pasti suka menemukan banyaknya partikel '-ku' yang dipakai.
Semisal saya kasih contoh teks di bawah ini;
...

Aku mengambil napas panjang, merasakan darahku mengalir cepat memacu jantungku. Tempat ini begitu indah bagiku dan kakakku.

Sudah lama kami tak berkunjung kemari. Terakhir saat aku dan kakakku berlibur ke Swiss, lalu mampir ke tempat ini.

*****

Menemukan hal yang tak mengenakkan dari contoh tadi?

Di atas ada banyak partikel -ku yang sangat mengganggu..., jelas-jelas sangat menggangu, yang seharusnya dapat kita minimalisir lagi agar diksi terlihat indah.

Seperti kata 'darahku' dan 'jantungku', itu nggak perlu pakai -ku lagi karena kamu sudah memakai 'Aku' di awal kalimat. Jadi sudah tentu dong kita tahu bahwa si pemilik darah dan jantung itu adalah si 'Aku'.

Di akhir paragraf satu dan di paragraf kedua kita menemukan dua contoh; 'bagiku dan kakakku', dan juga 'aku dan kakakku'.

Dua masalah di atas adalah sama, maka cara penanganannya pun juga sama. Pada kata 'kakakku' tak perlu lagi memakai -ku karena sudah disebutkan itu adalah kakakmu. Jadi kamu hanya perlu menulis 'kakak' saja sudah cukup menjelaskan bahwa itu adalah kakak milikmu.

*****

Nah, sekarang mari kita hapus partikel -ku yang tak terpakai dari contoh di atas, menjadi;
...
Aku mengambil napas panjang, merasakan darah mengalir cepat memacu jantung. Tempat ini begitu indah bagiku dan kakak.

Sudah lama kami tak berkunjung kemari. Terakhir saat aku dan kakak berlibur ke Swiss, lalu mampir ke tempat ini.

*****

Terasa beda?

Perubahan di atas begitu menonjol, lebih enak dibaca saat kita meminimalisir partikel -ku yang tidak terpakai.

Yap! Sekian dulu kelas kita hari ini. Semoga ilmu yang sedikit ini bermanfaat bagi kelanjutan novelmu

2 komentar: