Selamat datang di blog kepenulisan. Silakan menimba ilmu di sini dan jangan copy-paste.

"Keep writing and play your imagination" Yudha Pasca

Join Us On : LightNovel.ID


Sabtu, 30 Mei 2015

Light Novel






Light novel (Jepang: ライトノベル raito noberu | Indonesia: novel ringan) adalah sejenis (sumpah gue kesel kalo ada yang bilang ini ‘sejenis’, mungkin lebih tepatnya ‘jenis’ aja) novel yang disertai ilustrasi gambar bergaya manga di setiap beberapa lembarnya. Sasaran light novel biasanya ditujukan pada kaum remaja di Jepang. Light novel pada umumnya berjumlah sekitar 40.000 - 50.000 kata, jadi nggak beda jauh sama novella.

Sejarah Light Novel
Light Novel adalah evolusi dari majalah roman picisan Jepang (pulp magazine). Untuk menarik minat pembaca, mulai tahun 1970-an, majalan jenis ini
mulai meniyisipkan ilustrasi ke dalam cerita dan menyertakan artikel mengenai film, anime, dan game populer, setelah terlebih dahulu mengadopsi gaya sampul anime dan manga. Narasi berkembang menyesuaikan minat generasi baru dan pada akhirnya penuh ilustrasi dan gaya modern. Serial yang sukses kemudian dicetak dalam bentuk buku.

Kisah dalam serial novel-novel ringan telah banyak diadaptasi menjadi manga, anime, atau film live-action. Novel ringan umumnya dimuat dalam majalah-majalah sastra seperti Faust, Gekkan Dragon Magazine, The Sneaker, dan Dengeki hp, atau jenis majalah media franchise seperti Comptiq dan Dengeki G's. Contoh klasik dari tahun 90-an adalah novel Slayers karya Hajime Kanzaka yang telah diadaptasikan menjadi serial manga dan anime dengan judul yang sama.

Novel ringan adalah media yang sangat populer di Jepang. Penerbit secara berkala mencari bakat baru dengan mengadakan kontes tahunan, dengan hadiah uang dan penerbitan novel. Dengeki Novel Prize adalah kontes terbesar di Jepang, dengan partisipasi peserta mencapai 2.000 judul per tahun. Novel jenis ini ditandai dengan label light novel, dicetak dalam bentuk ekonomis dengan softcover (paperback). Sebagai contoh, harga LN The Melancholy of Haruhi Suzumiya di Jepang adalah ¥514 (plus 5% PPN), sama dengan harga normal cetakan trade paperbacks; light novels dan karya sastra umum; yang dijual di Jepang. Pada tahun 2007 diperkirakan bahwa pasaran untuk LN berkisar ¥20 miliar ($166.7 juta dalam rate ¥120) dan sekitar 30 juta kopi diterbitakan per tahun. Kadokawa Group Holdings, pemilik utama label Kadokawa Sneaker Books dan Dengeki Books, memiliki kepemilikan 70% hingga 80% market share. Pada tahun 2009, light novel mencapai nilai penjualan ¥30.1 miliar, atau sekitar 20% dari keseluruhan penjualan buku berbentuk bunkobon di Japan.

Penerjemahan novel-novel ringan Jepang ke bahasa Inggris masih kurang, disebabkan permintaan yang rendah. Beberapa novel ringan telah diterjemahkan oleh pengguna internet dalam situs lain, tapi bulan April 2007, Seven Seas Entertainment, penerbit bahasa Inggris yang pertama mencetak novel-novel ringan dalam format asal edisi Jepangnya, yaitu pada ukuran 10.5cm x 15cm. 
(wikipedia)

Perkembangan Light Novel di Indonesia
Siapa bilang light novel hanya berkembang di Jepang saja? Light Novel kini sudah menjamah sampai Indonesia, lho. Banyak anak remaja Indonesia yang menggemari salah satu genre sastra ini. Dan siapa bilang cuma anak remaja aja yang doyan light novel di Indonesia? Ada juga, lho, yang sudah berkepala dua senang dengan light novel, contohnya saya *eh, hampir sih*. 

Komunitas
Apa kamu senang membaca light novel? Apa kamu senang dengan alur cerita yang disampaikan oleh si pengarang?

Think again! Why you’re not making your world, huh?!

Yuk, mari menulis apa yang ada di pikiranmu, tuangkan kata demi kata di atas selembar kertas …, dan huala! Kamu sudah menciptakan duniamu sendiri yang (mungkin) isinya gadis-gadis mirip Rias Gremory dan tingkahnya tsun-tsun kayak Chitoge.

Masih bingung mau nulis dari mana? Masih bingun bikin sinopsis ceritanya? Masih bingung bagaimana mengembangkan cerita dan karakter-karakternya kayak gimenong? Kalo kamu bingung kenapa nggak nyari komunitas light novel di Indonesia aja?

Komunitas light novel di Indonesia itu ada, lho, namanya Light Novel Indonesia (LiNE) yang berbasis di facebook. Komunitas ini adalah komunitas penggemar dan pengarang light novel terbesar di Indonesia, yang tentunya isinya para penulis dari Indonesia. Grup LiNE sangat “welcome” pada member baru yang ingin belajar membuat light novel karangannya sendiri, jika ada yang belum kamu pahami silakan bertanya, admin dan member-member lama di sana sangat menerima pada penulis baru yang mempunyai niat kuat dan tekad baja, tak heran jika mereka semua di sana bisa disebut “gila” *serius gue nggak bohong* 

Grup LiNE ini adalah grup revolusi dari grup yang lama, karena yang dulu ada masalah internal yang akhirnya para admin memutuskan untuk membuat grup baru yang bernama Light Novel Indonesia (LiNE). Masih bingung sama huruf ‘E’ di kata ‘LiNE’? That’s for our ‘Evolution’ to be more fresh than before.

LiNE juga punya fan page resminya, yaitu Indonesian Light Novel (LiNE), di-like yooo~!!

Q: Om yang nulis artikel ini punya light novel apa enggak? 
A: Oh tentu saja saya juga punya, mungkin lain kali akan saya posting XD

Gimana? Tertarik untuk membuat light novel karanganmu sendiri? Kalo punya ide numpuk, kenapa harus ditunda-tunda?

Yuk, kita mulai belajar menulis sejak dini.



"Jika buku adalah jendela dunia, maka sang penulis adalah penuntun umat manusia agar tidak buta pada dunia." - Yudha Pasca.

22 komentar:

  1. gue baru tahu kalau novel ada yang kayak gitu hihihi kayaknya seru deh ya ga ngebosenin jadi ada gambarnya kek gitu

    BalasHapus
  2. Wah.... akhirnya ada yang bisa bantu nerbitin novel karangan sendiri... yosh...!!! Gambaru!!!

    BalasHapus
  3. Wah.... akhirnya ada yang bisa bantu nerbitin novel karangan sendiri... yosh...!!! Gambaru!!!

    BalasHapus
  4. Baru tahu ada komunitas Light novel Indonesia....
    Tahu gitu ga bikin pake bahasa Inggris terus taroh di booksie.com dulu....
    Btw... promosi...

    http://www.booksie.com/fantasy/novel/karisu/fallen-hero-(temporary-title)/chapter/1

    BalasHapus
  5. Berarti kita bisa bikin Light novel sendiri?

    BalasHapus
  6. ane juga udah gabung di grup nya wkwkwk

    promosi ya Web Novel kami di www.world2link.blogspot.co.id

    BalasHapus
  7. Wehh kerennn!!!
    Coba Ahhh!!! :v ^_^

    BalasHapus
  8. Bang ane nulis novel cerita fantasy , light novel tapi ga ada gambar illustrasi nya :V
    cehck blog ane flashnovel.blogspot.com

    BalasHapus
  9. arigatou gan membantu buat saya yang pemula dan banyak ide tentang light novel tetapi tidak tau mau di kemanakan ide saya ini.

    BalasHapus
  10. Besok harus buat untuk menyalurkan imajinasi gila ini

    BalasHapus
  11. Lagi nyari ilustrator buat ln gw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Min ane mau bikin light novel tapi binggung cara nya misal kan contoh di kalimat pertama
      :ada seorang pemuda yg bernama hikari nah tukan saya hak tau harus gimana

      Hapus
  12. Sensei, itu tulisannya bisa di copy :3

    BalasHapus
  13. Wew... ada komunitasnya sekarang... atau udah lama kayaknya...
    Gw suka baca LN... ini baru nyoba nulis sendiri di wattpad...
    https://my.w.tt/I2fY1JXXbO
    Nunpang promosi

    BalasHapus
  14. Min,grup resmi di linenya apa namanya

    BalasHapus
  15. kalau sudah terbiasa menulis mungkin terasa sangat gampang, namun bagaimana dengan seorang pemula yang ingin menulis, pasti mengalami kebingungan, harus nulis dari mana, harus bagaimana dan segala macam, mungkin ini kursus nulis online atau mudahnya buat novel/buku menjadi solusi bagi teman-teman yang pemula atau yang masih ingin belajar lebih banyak lagi, karena ilmu itu sangat diperlukan oleh siapapun.

    BalasHapus
  16. salam kak, saya ingin bertanya, untuk membuat lite novel dan mempublikasikannya apakah boleh membuatnya dengan Bahasa Inggris? atau lebih baik menggunakan Bahasa Indonesia?

    Untuk illustrasi, apakah kemungkinan untuk melukis illustrasi dengan tradisional lalu gambar tersebut discan tinggi?

    BalasHapus
  17. Saya dulu berpikir. Apa cuma saya yang menulis light novel. Setelah itu, saya menemukan ini. Saya mulai mengkaji light novel, dan akhirnya saya palah membuat jenis novel lain, sama seperti light novel, namun tidak memiliki ilustrasi, karena saya bekerja sendiri. Oh iya, saya boleh meminta request untuk konten selanjutnya. Bagaimana kita sebagai penulis menemukan grup untuk menulis light novel, karena saya belum memiliki ilustrator, editor, dan saya tidak tau bagaimana caranya mengirimkan sebuah cerita kepada penerbit. Sekiranya seperti itu. Saya Hanya Bertanya Hal paling mendasar. Semoga di baca tolong.

    BalasHapus