Selamat datang di blog kepenulisan. Silakan menimba ilmu di sini dan jangan copy-paste.

"Keep writing and play your imagination" Yudha Pasca

Join Us On : LightNovel.ID


Sabtu, 30 Mei 2015

Tips Menulis Fiksi-Fantasi






Hola, guys! 

Bagaimana harimu tadi? Membosankan atau seru? Dapet gebetan baru atau malah ketemu si mantan? 
Ah, sudahlah, bukan itu topik yang ingin saya bawakan.

Ada yang suka menulis fiksi-fantasi? Pasti ada doooongs 

Di dalam fiksi-fantasi, kita dapat membuat dunia kita sendiri, karakter sendiri, dan berbagai makhluk-makhluk yang dianggap 'aneh' pun dapat hidup dan benar-benar ada di cerita fiksimu. Ibaratnya, kita adalah 'Tuhan' dalam cerita yang dibuat. 

Tentu dalam membuat fiksi-fantasi tidak boleh asal-asalan, mulai dari partikel besar sampai yang terkecil pun harus kalian perhitungkan matang-matang. Tuhan menciptakan makhluknya tentu mempunyai tujuan dan manfaat, dan kamu harus juga membangun cerita yang sesempurna itu.

Berikut tips membuat fiksi-fantasi 'ala Saito':

1). Punya Segudang Ide
Yah, ini memang nggak jauh dari penjabaran imajinasi. Kalau kamu punya bahan cerita tentang makhluk-makhluk aneh yang anti-mainstream dan nggak pasaran, LANGSUNG SAJA TULIS!! Agar memompa semangat kamu, gambar juga makhluk itu agar imajinasimu dapat 'mekar' untuk menempatkan kemunculan si makhluk tersebut dalam cerita.

2). Latar Cerita
Dunia fantasi seperti Narnia? Dunia sihir seperti Harry Potter? Atau dunia bajak laut seperti Pirates of The Carribean?

Menentukan latar memang agak sulit, apalagi yang anti-mainstream. Dari latar ini lah cerita milikmu dipertaruhkan. Kalian pasti 'down' saat ada yang ngekomen, "Yah, dunia ninja, kayak Naruto aje novel lo!"

But well, don't be sad and wrap that comment, guys! Nggak salah kok kamu ngebuat dengan latar yang sama, film zombie aja ada banyak serinya, iya kan? 

3). Alur Cerita.
Sesudah menemukan latar yang tepat, kamu harus membangun jalan cerita novelmu. Pakailah kerangka karangan untuk menyusun event-event yang akan kamu sajikan. Mulai dari begining hingga ending harus benar-benar terpatok jelas dalam pikiran. Oh ya, buat yang tegang dan bikin kepo si pembaca yang udah ngelempar cabe ke kamu tadi (bales dendam ceritanya :p ). 

4). Make Your Main Character
Membuat karakter fiksi memang seru, sumpah. Saya senang saat menentukan ambisi si tokoh utama dalam cerita. Misal saat si tokoh harus mendapatkan kunci di dalam jurang yang penuh monster, si tokoh akan benar-benar terlihat 'baddas' karena ambisi dan tekad yang kuat untuk mengambil kunci tersebut, atau sang putri yang menantinya akan mati.

Dan perlu diingat, tokoh utama jangan terlalu IMBA (imbalance) dengan kekuatan yang dimilikinya. Ibarat ia adalah orang yang miskin harta, ia terus berjuang melawan kerasnya dunia hingga menjadi orang kaya yang sukses. Itulah salah satu daya tarik agar pembaca terpesona dengan kekurangan karaktermu. Intinya, si karakter utama harus bermain pikiran dalam melawan musuhnya (tactical), bukan dengan banyak permainan otot.

5). Rival Main Character
Ini tergantung kamunya, "ingin memakainya atau tidak?"
Jika tidak (solo player), pastikan karakter utamamu pintar dalam hal menganalisa dan strategi. Jika kamu ingin memakai rival, karakter utamamu harus ditonjolkan kekurangannya. Dan di sinilah tugas si rival dalam ceritamu. Jika karakter utamamu pintar dalam hal otot, tempatkan si rival pintar dalam hal strategi. Kerja sama tim akan membuat pembaca tidak bosan saat karaktermu dan rivalnya--misal--membasmi sang penyihir jahat dari negeri Geodzit.

Oh ya, rival biasa nggak banyak-banyak. Mereka harus mempunyai kekurangan dan kelebihan untuk membumbui ceritamu.

6). Musuh
Satu lagi yang membuat menarik hati saya dalam menulis fiksi-fantasi, yaitu menentukan siapa yang akan menjadi musuh karaktermu. Biasanya musuh awal adalah musuh yang kroco-kroco, namun ribet untuk dihabiskan. Lalu 'si bos momon' pun muncul tiba-tiba. Di stage awal ini, sang bos biasanya berbadan besar, atau jika kecil dia akan lincah. Tergantung kamunya juga sih, intinya, si bos susah dilawan dan akan mati jika karaktermu dan si rivalnya bermain taktik strategi. Dan voila! Kerja sama tim pun terbentuk. Teruskan menentukan musuh-musuh di stage selanjutnya yang tentunya lebih kuat dari musuh sebelumnya. 

7). Alur Yang Menyambung
Ini yang menarik lagi. Sesudah stage awal berakhir, lalu kamu akan menuju ke stage dua. Harusnya, ada hal yang menarik di stage pertama yang ada kaitan dan hubungan untuk stage berikutnya. Misal ada kunci setelah melawan bos pertama, dan kunci tersebut akan berguna di stage tiga atau yang lainnya. Semua harus berkaitan satu sama lain. Ceritamu harus lebar seperti akar yang merambat. Dan perlu waspada juga, "don't make fail story!". 

8). Jangan Buru-Buru
Rileks dan santai, manjakan pembaca dengan permainan perang yang menarik. Biasanya, dipertengahan cerita akan muncul karakter baru yang membantu karaktermu menghabisi musuh. Karakter baru yang menurut saya menjual adalah karakter yang mempunyai rahasia dalam membasmi musuh. Misal ia mempunyai cara atau benda untuk membunuh sang ular yang abadi. And, this is the great point to make the reader to love your story :^)

9). Event
Camkan kalimat saya dalam pikiran Anda, "Permainkan emosi pembaca".
Bikin hati mereka gereget dengan cerita kamu, misalnya si karakter utama nyaris mati, namun di stage selanjutnya akan mati beneran :'(((

Tapi jangan sedih, masukkan karakter baru yang mempunyai ilmu pembangkit orang mati (edo tenshei kali) dan si karakter utama akan balas dendam pada musuhnya. Kembangkan event-event dalam ceritamu semenarik mungkin, ya guys! ;)


10). Ending.
Udah buat kerangka cerita, kan? Jadinya nggak pusing dong dalam menentukan endingnya xD
Happy ending, bad ending, plot twist, atau ngegantung ending?
Terserah!

Nah, itu dia tips menulis fiksi-fantasi dari saya. Semoga tips ini berguna dalam meracik cerita kalian 

Oh ya, ini juga tergantung dari latar ceritamu. Sesuaikan saja.

Jangan lupa dishare jika bermanfaat ;))

9 komentar:

  1. Keren. Cek juga di http://www.vracarsa.net/2016/03/panduan-menulis-fiksi/

    BalasHapus
  2. Hm, kalo langsung tulis aja bisa juga gak?

    BalasHapus
  3. Hm, kalo langsung tulis aja bisa juga gak?

    BalasHapus
  4. Lagi nyoba nulis-nulis cerita fiksi nih, tapi sering berhenti ditengah jalan, dan anehnya malah buat cerita baru lagi tanpa nyelesaiin cerita yang udah ada. Gimana tips nya yah..

    BalasHapus
  5. bagus tipsnya sangat bermanfaat

    kunjungi juga cerita kami di

    www.world2link.blogspot.co.id

    BalasHapus
  6. Pas nih artikelnya bwt gw yg lagi mulai nulis fiksi fantasi di blog gw

    BalasHapus
  7. Untuk novel tema fantasi yang tidak teralu jauh dari kenyataan, saya suka sekali dengan itu. Masalahnya adalah sulitnya melakukan riset terhadapnya.

    BalasHapus
  8. boleh minta tolong jadi editor saya gak?.
    maaf lancang.

    BalasHapus
  9. DOWNLOAD SEKARANG JUGA, NONTON FILM DRAMA KOREA DI SMARTPHONE ANDA, DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR DI GOOGLEPLAY SECARA GRATIS, DRAMA TERBARU DAN TERLENGKAP.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus