Selamat datang di blog kepenulisan. Silakan menimba ilmu di sini dan jangan copy-paste.

"Keep writing and play your imagination" Yudha Pasca

Join Us On : LightNovel.ID


Minggu, 31 Mei 2015

Penulis Novel Pertama Di Dunia







Murasaki Shikibu adalah penulis novel pertama di dunia, namun nama tersebut bukanlah nama asli dari wanita berketurunan Jepang tersebut. Nama itu hanyalah nama pena, dan tidak ada yang tahu pasti siapa nama aslinya. Sebab, pada zaman itu karya sastra tidak diperbolehkan mencantumkan nama dalam ceritanya, sehingga harus menggunakan nama sebutan atau gelar.


Murasaki merupakan wanita cerdas kelahiran sekitar tahun 973 dari keluarga yang cukup
terpandang di Jepang, keturunan dari bupati pertama di Fujiwara. Tahun 998, ia menikah dan kemudian memiliki seorang anak perempuan. Tiga tahun kemudian, suaminya meninggal dunia.

Hal tersebut membuatnya harus berkarir dan bekerja sebagai dayang di Istana Heian. Ia dipanggil untuk bekerja sebagai dayang di istana karena kemampuannya menulis dan pemikirannya yang cerdas.

Novel yang ditulisnya berjudul “Genji Monogatari”, dalam bahasa Inggris berarti “The Tales of Genji” dan dalam bahasa Indonesia “Hikayat Genji”. Novel ini memiliki 54 bab dengan total 1000 halaman. (Gile, butuh berapa bulan ngebaca tuh novel sampe tamat? 

Diperkirakan, Murasaki menulis novel tersebut sebelum ia dipanggil bekerja di istana, dan bahkan mungkin ia mulai menulis sejak sebelum kematian suaminya.

Dalam novelnya ini ia menceritakan tentang kisah Pangeran Genji dengan tata bahasa yang cukup rumit, bahkan bagi orang Jepang sekalipun. Hal ini membuat para ahli bahasa harus mempelajari tata bahasa yang digunakan dalam novel tersebut.

Selain menjadi novel pertama di dunia, Genji Monogatari juga merupakan novel ber-genre roman pertama di dunia. Novel tersebut kini sudah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan juga menjadi salah satu cerita pentas.

Murasaki juga memiliki karya lain berupa buku harian dan puisi. Setelahnya, tidak banyak yang diketahui lagi tentang kehidupan Murasaki Shikibu.

2 komentar:

  1. DOWNLOAD SEKARANG JUGA, NONTON FILM DRAMA KOREA DI SMARTPHONE ANDA, DOWNLOAD SEKARANG JUGA APLIKASI MYDRAKOR DI GOOGLEPLAY SECARA GRATIS, DRAMA TERBARU DAN TERLENGKAP.

    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.mydrakor.main

    https://www.inflixer.com/

    BalasHapus