Selamat datang di blog kepenulisan. Silakan menimba ilmu di sini dan jangan copy-paste.

"Keep writing and play your imagination" Yudha Pasca

Join Us On : LightNovel.ID


Sabtu, 30 Mei 2015

Buku Tertua Di Dunia






"Buku Tertua di Dunia"

Hi, guys! Kalau pas itu saya pernah memposting Novel Pertama di Dunia, nah, sekarang saya akan memposting tentang Buku Tertua di Dunia.
Penasaran? Yuk, disimak :D

Pada tahun 1943, di wilayah barat daya Bulgaria, para pekerja menggali sebuah kanal dan menemukan sebuah pusara purbakala dengan lukisan-lukisan di dindingnya. Di dalamnya juga ditemukan apa yang mungkin disebut buku berhalaman banyak tertua yang pernah ditemukan. Buku itu memiliki enam halaman dan semuanya terbuat dari EMAS MURNI 24 KARAT (Waw!)



Buku tersebut ditulis dalam bahasa Etruscan. Etruscan adalah ras kuno yang bermigrasi dari Lydia—saat ini Turki—yang menetap di tengah-tengah Italia lebih dari 3.000 tahun yang lalu. Halaman-halaman buku yang disebut-sebut tertua ini dibendel di satu sisi, persis buku-buku modern. Di dalamnya berisi gambar seorang penunggang kuda, puteri duyung, dan beberapa kstaria. Diperkirakan, buku ini dibuat pada tahun 66 SM. 

Buku tersebut didonasikan pada Bulgarias National Museum of History oleh seorang pria yang tidak ingin identitasnya dipublikasikan. Buku kecil yang berumur lebih dari 2500 tahun ditemukan secara tak sengaja 60 tahun yang lalu di sebuah makam tua dengan lukisan dinding. Makam itu ditemukan di Lembah Sungai Struma, Bulgaria selama pekerjaan konstruksi jalan. Seorang Bulgaria yang tinggal di Macedonia mempersembahkan artefak tersebut pada museum dalam kondisi anonim. Pria yang (saat itu) berusia 87 tahun ini menemukan buku itu sendiri. Keaslian buku itu telah dikonfirmasi oleh dua ahli independen di Sofia dan London, Direktur Museum Bozhidar Dimitrov.

Mau melihatnya secara langsung? Kalau ada rezeki, silakan main ke Museum Sejarah Nasional Bulgaria di Sofia :D

0 komentar:

Posting Komentar